Senin, 09 November 2009

KEBUN BINATANG SURABAYA


Memories, 23 october 2009
With my family



Pingin liburan keluarga yang murah, yang dekat ma rumah dan penuh dengan wawasan………? Ya satu – satu nya tempat di Surabaya adalah Kebun Binatang Surabaya ( KBS ) yupzhtttt…… KBS adalah alternative yg paling pas buat keluarga, apalagi buat keluarga besar heemmm……cucok lah….hehehehhe….

















Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia, terletak di jalan Setail No. 1 Surabaya. Tepatnya berada di dekat perempatan jalan protokol Jl. Raya Wonokromo-Joyoboyo-Raya Darmo-Raya Diponegoro. Area seluas 15 ha yang merupakan tanah hibah dari Perusahaan Kereta Api Jawa Timur pada 1920. Maka dari itu, Kebun Binatang ini bisa ditempuh hanya dengan beberapa menit jalan kaki dari stasiun KA Wonokromo. Pun KBS hanya berjarak sekitar 200 m dari Terminal Jayaboyo, terminal lama kota Surabaya yang sekarang hanya dipakai sebagai terminal angkutan dalam kota. Hal ini memudahkan pengunjung dari luar kota yang menggunakan kendaraan umum. Jalur menuju terminal Bus antar kota Bungurasih, stasiun KA Semut, Gubeng, Pasar Turi, atau bahkan dari Bandara Juanda maupun Pelabuhan Tanjung Perak bukan lagi menjadi suatu masalah bagi pengunjung KBS.

Menurut data di Situs Resmi Pemerintah Kota Surabaya di www.surabaya.go.id, Kebun Binatang yang pernah menyandang predikat sebagai kebun binatang yang mempunyai koleksi terlengkap se-Asia Tenggara pada era 70-an ini sekarang memiliki koleksi sebanyak 2.806 ekor binatang dari 351 spesies. Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, Pisces. Dan kebun binatang Surabaya ini merupakan kebun binatang tertua di Indonesia.

Selama ini pada hari minggu atau hari-hari libur lainnya, KBS selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah, kota, bahkan turis mancanegara. Kalau dilihat sepintas perkembangan Kebun Binatang Surabaya sangat baik dan pantas untuk dibanggakan sebagai obyek wisata di Jawa Timur dan di Surabaya pada khususnya.

Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dengan harga tiket masuk untuk usia diatas 5 tahun sebesar Rp10.000,- per orang. Berdasarkan visi misinya, KBS hingga saat ini menempatkan diri di tengah masyarakat sebagai sarana rekreasi, edukasi, dan konservasi. Hal yang paling mudah diamati adalah bahwa pengunjung menggunakan kebun ini untuk tempat rekreasi, entah bersama teman maupun keluarga. Selain melihat-lihat koleksi binatang, pengunjung juga bisa menikmati atraksi khas kebun binatang, yaitu menunggang gajah dan onta mengelilingi kompleks kebun binatang itu.











Selain kita dapat melihat koleksi binatang, kita juga bisa menikmati panorama yang ada di dalamnya. Kita bisa berpose ria yang seakan menyatu dengan alamnya ato juga bisa berpose dengan binatangnya secara langsung, tp yang satu ini kita mesti minta bantuan sama pelatih binatangnya. Oiya, di KBS juga bisa digunakan para anak – anak untuk kegiatan outbond. Bermacam – macam sarana outbond disediakan disana, dan yang paling bikin para orangtua dan para pengunjung betah menemani anak – anak outbond adalah adanya hiburan live music yang ditunjukan oleh band – band dari kota Surabaya sendiri. Wah………pokoknya gak bakalan rugi dech datang ke KBS………

Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan KBS sebagai laboratorium hidup. Orang awam bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai berbagai binatang yang mungkin selama ini hanya bisa mereka lihat melalui layar kaca. Mereka juga bisa memberi pendidikan dasar tentang dunia binatang pada anak-anak mereka. Untuk kalangan ilmiah, KBS juga membuka pintu sebesar-besarnya jika ada yang ingin melakukan penelitian sejauh itu tidak mengancam keselamatan hewan-hewan koleksi yang menjadi bahan penelitian. Sebagai salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia, KBS sudah dilengkapi dengan Rumah Sakit Hewan yang merupakan terlengkap di Jawa Timur dan beralamat di Jalan Setail No.3. Fasilitas-fasilitas yang ada di rumah sakit itu antara lain ruang pemeriksaan, ruang bedah, radiologi, laboratorium nutrisi serta sangkar-sangkar Rawat Inap.








Sasaran akhir taman satwa ini adalah : memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat tentang fungsi taman satwa, meningkatkan upaya kesejahteraan satwa, menciptakan kaitan antara konservasi ex-situ dengan in-situ, terutama untuk jenis-jenis satwa langka di Indonesia, membentuk jaringan global antar taman satwa. Ada cukup banyak hewan langka yang berhasil dikoleksi sekaligus ditangkarkan oleh KBS, antara lain Komodo, Jalak Bali, Anoa, Harimau Sumatera, Bekantan, Banteng, Orang Utan dan Babi Rusa yang merupakan hewan asli Indonesia dan Pelikan Australia, Harimau Putih, Onta, serta Singa Afrika. Dalam hal penangkaran Babi Rusa, KBS telah ditetapkan sebagai pusat penangkaran internasional, dan telah membagikan hasil penangkarannya ke banyak kebun binatang di seluruh dunia. Program pendidikan dan penelitian di Kebun Binatang Surabaya melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan wahana keilmuan bagi masyarakat dan merupakan laboratorium hidup untuk lebih mencintai dan menghargai flora dan fauna sebagai kekayaan alam milik kita bersama.



Tidak ada komentar: