Jumat, 27 Januari 2012

PANTAI POPOH TULUNGAGUNG

surabaya, 21-22 Januari 2012 nongklek aza with friend's
Dingin nya udara malam tak menghentikan langkahku dan teman-teman ku untuk melakukan touring ke Tulungagung. Dengan naik motor, kita ber enam, berkendara beriring-iringan. Karena terlalu dingin udara jalanan, kita pun terserang lapar dan ngantuk yang amat sangat. Akhirnya perjalan kita berhenti di kota Jombang untuk sekedar makan dan ngopi. Karena suasana yang nyaman dan penat yang sangat, kita pun tertidur juga di lesehan warung kopi tersebut.
Setelah selepas subuh, kita kembali melanjutkan perjalanan ke Tulungagung. Karena udara pagi yang segar dan sejuk, membuat aku dan teman-teman semangat dalam perjalanan ini. Kupacu motor ku agar cepat sampai di pantai Popoh yang selalu bikin aku penasaran. Setelah kurang lebih perjalan selama 4 jam dari Jombang, kamipun sampai di pantai Popoh Tulungagung. Pantai Popoh adalah obyek wisata pantai yang terletak di pesisir Samudra Hindia Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata andalan Tulungagung.
Popoh berada sekitar 30 km sebelah selatan kota Tulungagung. Kawasan Popoh berada di ujung timur Pegunungan Kidul. Pantai popoh merupakan pantai yang telah dikembangkan dengan baik oleh P.R. Retjo Pentung. Akses menuju pantai popoh dapat ditempuh dengan aman dan nyaman melalui jalan aspal.
Pantai ini berbentuk teluk sehingga suasana tercipta suasana khas didalamnya. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini. Pantai Popoh ini memang dikelola dengan serius dan berkesinambungan oleh pemerintah daerah Tulugagung, hal ini dapat dilihat dengan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan dan akses sarana dan prasarana yang ada. Dari tahun-ke tahun tingkat pengunjung selalu meningkat secara signifikan, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa PIP memang menawarkan nilai lebih untuk dijadikan tempat rekreasi dan darmawisata. Suasana pantai yang berhadapan langsung dengan laut bebas menjadikan PIP bernuansa wisata bahari yang sesungguhnya. Kita bisa merasakan wisata bahari dengan mengelilingi Teluk Popoh yang begitu fresh dan Nature, kita juga bisa melihat keindahan pantai lain disekitar Popoh yang jaraknya begitu dekat yaitu pantai Sidem, Pantai Sine dan pantai Klathak. Ketiga pantai ini masih berada disekitaran teluk Popoh sehingga baik keindahan maupun panorama yang disuguhkan memiliki tingkat nilai yang sama.
Dalam berwisata ke PIP dalam perjalanan kita akan melewati daerah yang hanya ada satu di Indonesia, apakah gerangan?.. daerah Besole..daerah ini sangat terkenal sebagai daerah pengrajin Onik batu pualam yaitu batu Marmer. Marmer hanya ada di Tulungagung, hampir semua gunung-gunung di daerah Besole Tulungagung merupakan daerah penambangan Marmer. Sehingga disini akan anyak sekali dijumpai buah tangan dari kerajinan batu marmer. Pantai Popoh merupakan salah satu obyek wisata andalan daerah Tulungagung, berbagai acara selalu diadakan di kawasan wisata ini baik itu musik ataupun acara-acara lain. Hampir setiap hari libur dan hari besar kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung, baik yang berasal dari sekitar Tulungagung maupun luar Tulungagung bahkan tidak sedikit yang berasal dari luar negeri.

6 komentar:

bisnis tiket pesawat mengatakan...

baru pertama kali denger nih,
jadi penasaran sama tempatnya

Sobat nongklek aza mengatakan...

@bisnis tiket pesawat :

sebenarnya c t4 ini udah lama ada
cuman kurang terekspos ma media aja

kalo sobat mempunyai jiwa petualang bahari
pantai Popoh ini lumayan buat berpetualang

Seputar wisata tulungagung mengatakan...

maaf,ijin cari sumber berita dari blog agan....terima kasih
lain kale mampir yooo

Sobat nongklek aza mengatakan...

@seputar wisata tulungagung : ok sob

next time kalo aku ke tulungagung lagi aku tak mampir k t4 sobat

sebaliknya, silahkan dolan ke surabaya klo berkenan

media anime and portal news mengatakan...

hahahahahahaha iya gan,oh sekarang tinggal e ndek SBY ta

Sobat nongklek aza mengatakan...

@media anime and portal news : yup, bener sobat
bukan aku tinggal di SBY tapi aku emang asli arek SBY

salam persahabatan sobat