Rabu, 01 Juni 2011

FESTIVAL RUJAG ULEG 2011 MEMPERINGATI HARI JADI KOTA SURABAYA YANG KE - 718, IBU - IBU PKK KELURAHAN LIDAH WETAN IKUTAN LAGI



Surabaya,01 Juni 2011

Festival Rujak Uleg, even tahunan ini kembali di gelar Pemerintah Kota Surabaya, Minggu 22 Mei 2011 di Jalan Raya Kembang Jepun, Surabaya (22/05). Festival tersebut dibuka Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT dengan menguleg bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Dyah Katarina beserta beberapa undangan yang hadir disebuah cobek besar berdiameter 1 meter.














Risma dalam sambutannya menyampaikan festival ini sengaja diagendakan tiap tahunnya guna melestarikan rujak uleg sebagai salah satu makanan tradisional khas kota Pahlawan. Acara ini memang dikemas sebagai hiburan.

"Tak bertujuan untuk melestarikan rujak uleg saja namun juga mengimprovisasi khasanah budaya tradisonal agar bisa diterima masyarakat modern. Kita harus bisa melestarikan khasanah budaya ini ke anak cucu kita, jangan sampai terputus. Kita boleh maju, Surabaya boleh modern, tapi kita tidak boleh lupa sejarah," tambahnya.













Acara yang memecahkan rekor MURI dalam kategori Rujak Uleg dengan peserta terbanyak ini diikuti sekitar 1500 orang yang datang dari seluruh wilayah Kelurahan yang ada di Kota Surabaya termasuk berbagai instansi di Surabaya ikut meramaikan kegiatan tahunan ini mulai dari instansi pendidikan, rumah sakit, Pemkot, bank hingga kelurahan berbaur untuk bersama-sama meracik rujak terbaik.

Ada 3 hal yang menjadi kriteria penilaian, yaitu penampilan, kerapian meja, dan yang paling penting adalah rasa. Tak salah kiranya jika sebagian besar peserta berusaha tampil senyentrik mungkin agar mampu terlihat menarik dalam pandangan para juri.













Dengan kostum yang mengangkat tema " RUJAK ULAT BULU " kembali Ibu - Ibu PKK kel. Lidah Wetan kembali masuk ke dalam 20 besar dan mendapat hadiah uang pembinaan. Selain Ibu - Ibu PKK kel. Lidah Wetan tadi yang memakai kostum unik, meriah dan gokil,para peserta dengan semangat membuat rujak uleg bersama. Meski panas matahari siang itu cukup menyengat, namun mereka tetap semangat membuat rujak.Dalam acara tersebut sekitar 200 personel gabungan dari Polrestabes Surabaya, SatLinmas dan Dishub dikerahkan melancarkan jalannya acara.



















2 komentar:

bisnis tiket mengatakan...

jaid pengen nonton nih festivalnya,
cz kelihatan seru banget dah

Sobat nongklek aza mengatakan...

@ bisnis tiket :
datang aja sob ....
mungkin bulan Juni mendatang akan ada lagi
cz kemarin mbak ku udah konfirmasi ke aku

di jamin asyik lah ......