Selasa, 24 November 2009

AIR TERJUN KAKEK BODO



Memories, 22 November 2009


Pingin penyegaran otak ????........
Ato pingin ngelepas penat yang panjang setelah seminggu bergelut dengan kerja yang monoton ?????..............
Ato juga pingin liburan yang menantang tapi mengasyikkan ????.......
.................................
Yupzht……wisata air terjun kakek bodo adalah salah satu alternatifnya. Ini adalah salah satu wisata yang masih asri di tretes, pegunungan prigen, pandaan jawa timur. Hawa dingin menyelimuti daerah ini ketika aku ma temen - temen berkunjung kesana. Pesona air terjun kakek bodo lah yang menjadikan keindahan dan taman rekreasi yang satu ini.

Bagi loe yang suka berpetualang, wana wisata Kakek Bodo akan memberi beragam pesona alam yang cukup menarik. Bahkan jalur yang ditempuh dengan jejak kaki pun bervariasi, yang dapat dipilih sebagai kegiatan lintas hutan. Banyak hal menarik yang dapat dinikmati di sepanjang jalur tersebut. Seperti mulai dari panorama alam kota Pandaan dan Tretes.









Aq ma sobat kecil q, anggra, gembrot dan didot pagi – pagi banget da berangkat ke prigen. Tujuan utama c ke kakek bodo, namun karena aq punya temen yang rumahnya deket ma wisata kakek bodo, akhirnya aq ma sobat kecil q pun mampir kerumahnya Hendra. Rasa ngantuk, penat dan perut kenyang ( abis dikasih ibunya hendra makan ) ditambah lagi gerimis mengundang, membuat mata ini ngantuk pooollll. Akhirnya kuputuskan istirahat sebentar.

Jam 1 siang aq bangun dan siap – siap menuju wisata kakek bodo. Buat loe yang lom pernah ke kakek bodo, aq akan mandu loe semua. Okey kita mulai aja pejalanan ini, sebelum loe memasuki area wisata, loe kudu diharusin bayar uang parkir sebesar Rp 3000 per motor. Untuk mencapai tempat parkir loe kudu extra hati-hati karena jalan menuju tempat parkir sangatlah menanjak. Setelah loe melewati sekitar 20 meter dari tempat parkir akan ada tempat pembelian tiket masuk seharga Rp 5000 perkepala.
Setelah loe udah dapatin tiket maka loe bisa langsung menuju obyek wisata air terjun kakek bodo dengan menempuh jarak kurang lebih satu kilometer dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan loe bakalan di sambut beberapa ekor kera yang menghuni pegunungan tersebut, semak yang menandakan masih asrinya daerah wisata ini. Sembari menaiki anak tangga loe bisa ngeliat pemandangan di kaki gunung yang sangat indah. Wah….wah…..poto dulu ahh……..jepret….jepret…










Di sepanjang jalan menuju air terjun loe juga bisa beli makanan yang ada di tepi jalan. Nah, masih di jalan menuju air terjun, loe bisa ngeliat adanya makam Kakek Bodo yang berada di sebelah timur jalan setapak yang loe lewati, ini juga udah nandain air terjun udah dekat, hanya berjarak 100 meter. Setelah loe sampai maka loe bisa ngendegerin gemuruhnya air yang jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter.
Air terjun ini di kelilingi dengan bebatuan yang di topang oleh akar-akar pepohonan. Kurang puas dengan melihat air terjun loe bisa menikmati dinginnya air terjun dengan mandi dibawah air terjun yang mengalir dengan derasnya dan juga jernih. Tetapi pastikan loe kudu tahan dengan dinginnya air pada air terjun ini. Hehehehe….aq gk mandi ahh….dingin banget c

Setelah loe puas dengan menikmati dinginnya air terjun Kakek Bodo loe juga bisa menikmati obyek wisata yang lainnya yaitu menelusuri jalan setapak yang menanjak menuju ke Gunung Arjuna dan Gunung Welirang yang berada di sebelah barat air terjun Kakek Bodo. Namun pastikan loe jga kudu punya cukup bekal dan energi untuk bisa naklukin pajangnya jalan setapak menuju kedua gunung tersebut. Namun jika itu bukan menjadi pilihan loe, loe kgk usah kawatir boz….loe bisa menikmati berenang di kolam renang dengan hanya membayar karcis masuk yaitu sebesar Rp 3000 per kepala. Weiuw………murah kan, bisa cuci mata lagi liat yang seger – seger hehehehe………









Oiya sobat mania, loe pingin taw kgk, napa c dikasih nama kakek bodoh ? Napa kgk diberi nama kakek pinter ato kakek jenius ? apa si kakek kgk skul ya….???? Heehehehe………guyon lho mbah ………gini nie ceritanya …………………………………..

Dahulu kala masyarakat disekitar Prigen percaya, bahwa Kakek Bodo tue pembantu rumah tangga di sebuah keluarga Belanda. Beliau dikenal sebagai orang yang saleh dan jujur.
Kemudian beliau meninggalkan keluarga majikannya untuk mensucikan diri dari masalah keduniawian, dengan cara bertapa. Karena sikapnya ini, keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo). Namun berkat bertapanya, sang kakek memiliki kelebihan berupa kesaktian. Kesaktian ini pun digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan kepada sang kakek.

Nah……….diakhir cerita sang kakek pun meninggal di tempat bertapanya, yang terletak tidak jauh dari air terjun. Karena meninggal dideket air terjun, makanya orang – orang pada nyebut air terjun itu dengan nama air terjun kakek bodo. Dan sampai sekarang makam kakek bodo masih dikeramatkan oleh penduduk setempat.
Yupzht……begitulah sepenggal kisah dari wahana wisata kakek bodo yang menyimpan sejuta misteri dan eksotisme yang selalu bikin orang jadi penasaran pingin taw.

Nah….nah…..nah….. gimana ?? loe tertarik kgk ?

Klo loe tertarik ato penasaran pingin lihat secara langsung, loe dengan mudah bisa mencapainya dengan kendaraan roda 2 ataupun kendaraan roda 4. Akses menuju kesanapun mudah bgt. Loe hanya perlu mengikuti jalan menuju Polsek Prigen -Ambil arah Kekiri dan ikuti sepanjang jalan raya tersebut, maka dengan mudah anda akan bisa menemukan Wisata alam Air terjun Kakek Bodo.

Tidak ada komentar: